Awas, Kegemukan Bisa ‘Menular’

October 15, 2007 at 6:32 am (Healthy)

Lihat GambarSebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Jurnal Kesehatan ‘New England’ baru-baru ini menunjukkan bahwa ternyata obesitas adalah fenomena sosial yang ‘menular’, sehingga kawan sepermainan turut berpengaruh terhadap kondisi ini.Para peneliti berkesimpulan, kenaikan berat badan seseorang ternyata dipengaruhi oleh kenaikan berat badan orang lain. Mereka juga mendapati bahwa bagian otak yang terkait dengan nafsu makan akan terstimulus bila melihat pola makan orang lain.

Lebih lanjut penelitian itu menyimpulkan bahwa teman-teman sesama seks dan saudara kandung punya pengaruh lebih kuat dalam hal peningkatan berat badan seseorang, lebih berpengaruh daripada teman lawan jenis.

Dan jika suami/istri menderita obesitas, peluang pasangan untuk mengalami hal yang serupa dapat naik hingga 37%. Namun jangan khawatir, penelitian ini juga membawa berita baik, yaitu kekuatan yang sama dapat mencegah seseorang menjadi obes atau kelebihan berat badan.

Teman dan saudara kandung bisa memperlambat laju obesitas dengan menyemangati pola makan sehat dan olahraga. Ini bisa terjadi karena persepsi manusia terhadap resiko kesehatan sangat tergantung kepada orang-orang di sekitar mereka.

2 Comments

  1. cheerz said,

    serius lw vy bisa nular?
    tp gw punya temen yang kyk gitu, ga nular tuh!
    malah gw makin kurus…
    knp ya?

  2. strawbery said,

    tmen gw da gmuk,ga nular he5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: